Use Case Diagram?

Use-case diagram merupakan model diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan requirement fungsional yang diharapkan dari sebuah sistem. Use-case diagram menekankan pada “siapa” melakukan “apa” dalam lingkungan sistem perangkat lunak akan dibangun. Use-case diagram sebenarnya terdiri dari dua bagian besar; yang pertama adalah use case diagram (termasuk gambar use case dependencies) dan use-case description.

 
Use-case diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use-case, dan interaksi diantara komponen-komponen tersebut yang memperkenalkan suatu sistem yang akan dibangun. Use-case diagram menjelaskan manfaat suatu sistem jika dilihat menurut pandangan orang yang berada di luar sistem. Diagram ini menunjukkan fungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi dengan dunia luar.
 
Use-case diagram dapat digunakan selama proses analisis untuk menangkap requirement system dan untuk memahami bagaimana sistem seharusnya bekerja. Selama tahap desain, use-case diagram berperan untuk menetapkan perilaku (behavior) sistem saat diimplementasikan. dalam sebuah model mungkin terdapat satu atau beberapa use-case diagram. Kebutuhan atau requirements system adalah fungsionalitas apa yang harus disediakan oleh sistem kemudian didokumentasikan pada model use-case yang menggambarkan fungsi sistem yang diharapkan (use-case), dan yang mengelilinginya (actor), serta hubungan antara actor dengan use-case (use-case diagram) itu sendiri.

Use-Case Diagram pada Sistem Pengggajian Penerbit Percetakan Kanisius




Tugas kali ini yaitu menganalisa Sistem Penggajian Penerbit Percetakan Kanisius, yang di dalamnya terdapat 6 aktor yaitu: 
  1. Personalia: bertugas untuk melakukan perekrutan karyawan baru, mutasi kerja serta deskripsi pekerjaan.
  2. Bagian Pencatat Waktu: bertugas untuk melakukan pencatatan waktu hadir, dan membuat daftar hadir karyawan.
  3. Bagian Penggajian: bertugas untuk melakukan penghitungan gaji karyawan.
  4. Bagian Kassa: bertugas untuk mengguangkan cek dan memberikan gaji karyawan.
  5. Bagian Keuangan: bertugas untuk merekap gaji karyawan dan memverifikasi kas keluar.
  6. Karyawan / Pegawai: bertugas untuk bekerja, menerima gaji dan menyerahkan jam hadir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Halaman Berita? HTML & CSS!

Tampilan Baru Pendaftaran Siswa dengan Bootstrap!

Rumah Sederhana dengan BlueJ!